Berorganisasi itu Melelahkan!

Seminggu ini saya rasa kegiatan saya begitu padat. Setiap hari tidur diatas jam dua belas malam. Lalu bangun jam tujuh untuk kuliah lagi. Siang hari kalau sempat, saya usahakan untuk tidur siang.

Bukan hanya tugas kuliah yang menyibukkan seorang mahasiswa, amanat organisasi adalah sesuatu yang membuat mahasiswa terlihat sibuk. Tapi itu untuk mahasiswa yang amanah dalam memegang janjinya. Mungkin saya terlalu sibuk dengan urusan organsasi ditambah tugas kuliah yang semakin mengejar. Saya juga agak bingung, saya hanya mengikuti tiga organisasi di kampus, tapi kok bisa sibuk banget? Seperti nggak ada waktu untuk istirahat..

Tapi saya nggak merasa rugi kok masuk organisasi, walaupun nanti jadi super sibuk. Saya jadi punya rasa tanggung jawab yang lebih karena kalau saya mengabaikanya nama saya akan tercoreng. Bukan karena jabatan ataupun caper, tapi saya mulai sadar bahwa menjaga amanat itu penting. Juga soal manajemen waktu, sekarang saya sudah membeli jam tangan. Yah, walaupun ada handphone, tapi langsung lihat jam di jam tangan itu lebih enak. Manajemen waktu yang baik memberikan dampak positif  bukan hanya pada ketepatan waktu saya, tapi juga terhadap cara berfikir saya. Saya mulai dapat memilih mana yang harus diutamakan terlebih dahulu dan yang harus ditinggalkan. Intinya organisasi membawa banyak dampak terhadap kebiasaan maupun cara berfikir saya.

Untuk kalian yang juga mahasiswa (itupun kalau tulisan ini ada yang baca selain saya sendiri) pesan saya: jangan lelah untuk berorganisasi. Dan untuk yang baru masuk organisasi atau baru jadi mahasiswa: carilah jatidiri kalian di organisasi. Jadi mahasiswa jangan hanya kuliah, nugas dan pulang. Explore diri kalian lewat organisasi. Jangan lelah berorganisasi, semoga saya juga tidak lelah berorganisasi.

"Aku bahagia merasakan lelah, karena Aku tak pernah lelah merasa bahagia."
Kata-kata itu saya ambil dari teman kuliah saya yang juga aktif dalam organisasi dan berprestasi dalam akademik. Saya sering berdiskusi denganya tentang organisasi saya. Kami saling mendukung satu sama lain. Saya harap kata-kata tersebut dapat menginspirasi kalian yang membaca blog saya. (Kalau ada..)

Comments

Popular Posts