Saat-saat Kehilangan Semangat

Entah bagaimana belakangan ini rasanya seperti ada kekosongan. Berbeda dengan postingan yang sebelumnya, aku seperti sangat semangat. tapi tidak dengan saat ini dan belakangan ini.

Hidup rasanya tak ada tujuan. Walaupun setiap hari mempunyai kegiatan dan kesibukan, namun masih ada kekosongan. seperti tak terarah. ada yang kurang. Tak ada semangat yang selalu menggebu. Terasa aneh sekali.

Ada beberapa hal yang kucurigai sebagai penyebabnya,
Seperti kebosanan yang kemungkinan dialami oleh setiap orang. Bosan karena kita dilingkungan yang sama terus-menerus dan tidak menemukan sesuatu yang baru.

Hal lainnya adalah tentang keilmuanku yang tidak pernah berkembang. Tidak ada semangat belajar seperti dulu awal-awal kuliah. Sebenarnya sama dengan poin pertama, namun ini lebih pada semangat belajar dan kapasitas diri ketimbang mempermasalahkan lingkungan di sekitarku.

Sesuatu yang lain, mungkin, kurangnya kesehatan religi belakangan ini. Tidak ada upaya lebih untuk mendekat kepada Tuhan. Ibadah hanya sebagai kewajiban. Tidak ada esensi yang terasa. 

Dari kesemuanya, sebenarnya aku belum menemukan tujuan hidup yang bisa diingat setiap saat sampai akhir hayat. Atau minimal memiliki tujuan yang bisa diperjuangkan dengan semangat. Kembali.

Comments

Popular Posts